Sekedar Info

Penting! Penelitian blind spot yang sering menyebabkan kecelakaan

Kita tentunya pernah mengalami rasa kesal ketika sedang berkendara tiba-tiba ada mobil nyelonong keluar tanpa memperhatikan kita sedang berjalan kearahnya. Hal itu sering menyebabkan kecelakaan jika pengendar tidak waspada penuh. Ternyata selain faktor kecerobohan driver yang menjadi penyebbab kecelakaan saat keluar, ada satu studi yang mengatakan itu sebabkan ada semacam blind spot pada penglihatan kita.
Blind spot adalah satu titik dimana kita tidak bisa mengindikasikan ada barang / benda yang tidak terlihat oleh mata kita. Hal iti terjadi ketika otak kita tidak mampu memvisualisasikan apa yang dilihat mata dengan cepat, contoh ketika kita melirik kiri terus pindah ke kanan maka yang berada didepan hilang/ tidak tampak. Coba praktekkan ke cermin, lirik kiri kemudian pindah kanan, apa yang terjadi?yang terjadi adalah kita tidak bisa melihat pergerakan pindah mata kita dari kiri ke kanan padahal depan kita ada kaca.
Perhatikan video diatas, bagaimana visualisasi kita mendapat blind spot. Pada beberapa penelitian disebutkan bahwa ketika ada benda kecil dan besar mendekat bersama-sama ke arah kita, maka secara perhitungan mata kita mengatakan benda besar lebih dekat dari pada yang kecil padahal itu belum pasti. Persepsi itu menyebabkan mata kita salah menghitungkan kecepatan sampainya benda itu ke kita.

Beberapa tips untuk menghindari tubrukan dengan mobil yang nyelonong keluar dari gang.
1. Pemotor mengambil jarak lebij dekat ke garis putih laka sehingga terlihat kecepatanya oleh sopir mobil, hal ini juga memberi jarak menghindar lebih bagus ketika ada mobil keluar gang tiba-tiba.
2. Selalu waspada bahwa sopir tidak melihat kita ketika terlihat ada mobil mau keluar, sehingga kita berjaga-jaga dengan memperlambat motor kita. Sebelum benar-benar yakin mereka melihat kita (mata mereka menoleh ke kita denga fokus) jangan mendahului, lebih baik menunggu mereka keluar gang dan melaju.
3. Bagi sopir mobil sebaiknya tidak sekali melihat kiri kanan ketika akan belok / keluar gang, karena seper sekian detik mata bergerak motor yang kencang sudah nyampek di samping mobil anda.

Semoga berguna sob..semoga kita selalu selamat..kalo ada tambahan silahkan komen dibawah bro..

(dirangkum dari Sumur
Share:

0 Comments:

Post a Comment

Blog Archive

Definition List

Unordered List

Support

Inspiration

Inspiration
none

Sports

Sports
none

Nature

Nature
none

Lifestyle

Lifestyle
none