Sekedar Info

Kenali karakter motormu bro !!! DOHC VS SOHC




Banyak dari kalangan kita sering mendengar istilah doch dan soch, bahkan sering kita dengar ejekan-ejekan tentang istilah keduanya , MOTOR SPORT KOK SOCH koyok MOTOR WADON AE, si empunya soch pun ga mau kalah dengan melontarkan kalimat tidak kalah pedas, DOCH KOK OVERSTRUKE, DOCH NEAR WADON, dan lain-lain, padahal disisi lain kedua karakter motor ini mempunyai keunggulan dan kekurangan sendiri-sendiri. nah oleh karenanya yuk kita kenali apa itu doch / soch, biar tidak Cuma jadi hiasan stiker motor kita bro.
SOHC adalah singkatan dari Single OverHead Camshaft yaitu merupakan mesin yang menggunakan satu Camshaft atau yang bisa dikenal dengan noken as, jadi setiap silinder terdapat satu noken as dengan 2 katup, yaitu katup isap (intake valves) yang mempunyai fungsi sebagai menghisap campuran udara dan bahan bakar kedalam ruang bakar dan katup buang (exhaust valves) yang berfungsi sebagai mengisap sisa pembakaran ke knalpot.

Pada perkembangannya mesin SOHC dengan satu Camshaft tidak hanya berisi 2 katup saja, melainkan bisa juga ditempatkan 4 buah katup. Hal ini dilakukan dengan memodifikasi kepala rocker arm menjadi bercabang dua pada katup in dan katup ex. Dengan 4 katup, power yang dihasilkan bisa di tingkatkan, contohnya mesin YZF-R15 dan V-ixion.
Pada tipe ini batang penekan tidak ada, sehingga gerakan balik dapat dinetralisir. Posisi cam berada diatas silinder yaitu ditengahnya, cam digerakkan oleh rantai penggerak yang langsung memutar cam sehingga cam menekan rocker arm. Poros cam berfungsi untuk menggerakkan katup masuk (IN) dan katup buang (EX), agar membuka dan menutup sesuai dengan proses yang terjadi dalam ruang bakar mesin. Tipe ini komponennya sedikit sehingga pada putaran tinggi tetap stabil. Disebut single over head camshaft karena hanya menggunakan satu cam pada desainnya. Atau SOHC adalah system poros tunggal di kepala silinder.

Kelebihan,
– Mesin lebih ringan karena hanya menggunakan satu Camshaft
– Relatif Lebih Irit
– Biaya produksi dan perawatan murah.
– Torsi bekerja lebih baik pada kecepatan rendah / low-end torque
Konsekuensinya motor bertipe mesin SOCH lebih njengatzz di awal bro..hal ini menguntungkan ketika kita balapan di trek yang penuh belokan, setiap keluar belokan langsung bejek gas njengatz, atau tipe jalan stop and go seperti perkotaan yang penuh macet.

gambar perbedaan soch vs doch

DOHC adalah singkatan dari Double Over Head Camshaft, adalah Camshaft yang mempunyai Over Head double atau lebih jelasnya yaitu mesin yang dalam satu piston mempunyai dua pasang over head. Sehingga mesin tersebut mempunyai empat klep, dimana dua klep untuk mengatur masukan bahan bakar dan dua klep untuk mengatur keluaran gas buang (menuju knalpot). Dan juga pada mesin jenis ini menggunakan dua noken as yang terletak pada kepala silinder.



 Langkah pertama piston bergerak dari titik mati atas ke titik mati bawah, posisi katup masuk terbuka dan katup keluar tertutup, mengakibatkan udara atau gas terhisap masuk ke dalam ruang bakar. Proses udara atau gas sebelum masuk ke ruang bakar dapat dilihat pada sistem pemasukan.
Selanjutnya piston bergerak dari titik mati bawah ke titik mati atas, posisi katup masuk dan keluar tertutup, mengakibatkan udara atau gas dalam ruang bakar terkompresi. Beberapa saat sebelum piston sampai pada posisi titik mati atas, waktu penyalaan (timing ignition) terjadi pada mesin bensin berupa nyala busi. Dan gas yang terbakar dalam ruang bakar akan meningkatkan tekanan dalam ruang bakar, mengakibatkan piston terdorong dari titik mati atas ke titik mati bawah. Langkah ini adalah proses yang akan menghasilkan tenaga.
Proses terakhir yaitu piston bergerak dari titik mati bawah dan titik mati atas, posisi katup masuk tertutup dan katup keluar terbuka, mendorong sisa gas pembakaran menuju ke katup keluar yang sedang terbuka untuk diteruskan ke lubang pembuangan.
Kelebihan,
Kelebihan mesin DOHC adalah dengan 4 katup yang langsung digerakkan camshaft membuat asupan bahan bakar melimpah, sehingga power mesin lebih besar dan stabil di putaran mesin (rpm) yang tinggi (torsi bekerja lebih baik pada kecepatan tinggi / top-end power).
Nah..dari data diatas diketahui bagaimana karakter kedua jenis mesin, jika soch lebih ke tarikan awal yang jengatz sedangkan doch lebih jengatzzz ketika trek panjang. doch mempunyai ciri khas lain yang lebih membantu memperoleh top speed tinggi yaitu napasnya yang cenderung lebih panjang.
sementara itu istilah doch near wadon timbul karena salah satu kecerdikan insinyur motornya yang mampu menyematkan rocker arm ke tipe doch sehingga mampu menambah power doch di putaran bawah, tak ketinggalan insinyur soch juga menambahkan value mesinya dengan berbagai macam teknologi yang mampu menambah power soch diputaran atas (contoh VVA).
wes pokoe semua punya keunggulan dan kekurangan bro..paling penting tetep safety riding bro..seduluran podo pecinta motore ojo gelut gara-gara mesin.. salam satu aspal..

gambar beda doch S dan H
H

S
Share:

1 Comments:

  1. Wooo.. Sipp nice info gan. Rupo spedae sg koyo opo mesin2 kui

    ReplyDelete

Blog Archive

Definition List

Unordered List

Support

Inspiration

Inspiration
none

Sports

Sports
none

Nature

Nature
none

Lifestyle

Lifestyle
none