Sekedar Info

Maxi Scooter Laris Manis..Yamaha Cerdik Bidik Pasar 1/4 liter


Data penjualan motor dari AISI untuk kelas 250 cc memperlihatkan grafik yang cukup mengejutkan untuk kelas ini, line up yang dulunya hanya diisi oleh motor sport batangan ternyata mulai terpengaruh penjualanya dengan hadirnya maxi scooter Yamaha Xmax 250cc. Yang dulunya penjualan didominasi oleh motor sport Kawasaki ternyata sekarang mulai bergeser ke motor Maxi scooter dengan mampu memperoleh torehan penjualan rata-rata perbulan diatas 1000 unit, sementara produk sport batangan hanya mampu di kisaran 500 unit ke bawah.


Jika kita perhatikan dengan seksama, data ini menunjukkan perubahan pola ketertarikan terhadap motorsport 250cc. Bisa dibayangkan dari gabungan ketiga motor (Ninja, R25, CBR250RR) ternyata belum mampu menyamai penjualan xmax perbulanya. Hal ini mungkin karena pengaruh kondisi jalanan Indonesia juga, bisa dibayangkan mengendari motorsport batangan ditengah kemacetan yang luar biasa dikota-kota besar tentu menjadi masalah tersendiri, terlebih motor cc besar juga cukup panas disekitar sector mesin, hal tersebut cukup mengganggu kenyamanan berkendara, sementara matik bongsor menawarkan kenyamanan dan tentunya praktis dalam kondisi-kondisi perkotaan tanpa sibuk memikirkan kopling untuk selap-selip di kemacetan.
Dengan demikian, bisa dipastikan untuk beberapa tahun kedepan sepertinya pasar sport 250 cc masih akan bertahan ke arah maxi scooter, karena kemungkinan pasar ini mulai jenuh dengan motorsport batangan, hal ini bisa dilihat bagaimana CBR250RR yang memiliki segudang fitur bahkan menawarkan power yang juos masih belum mampu menjadi pemimpin penjualan sekmen ini, sementara Yamaha dengan cerdik melihat potensi pasar ini dari sudut pandang lain dengan mengeluarkan maxi scooter Xmax 250ccnya. Melihat motor 250cc batangan kurang greget pasarnya, mungkin inilah yang membuat Yamaha sedikit santai untuk melakukan perubahan besar-besaran terhadap R25.

Selanjutnya, bagaimana competitor akan merespon Xmax?apakah dengan membrojolkan produk sejenis? kalo melihat potensi pasar Xmax yang konsisten dengan penjualan sebesar itu (untuk local saja sudah tembus diatas 1200 unit / bulan) tentunya bisa membuat competitor tergiur untuk mencoba masuk ke segmen ini juga, naah..kira-kira Maxi Scooter apakah yang akan hadir untuk menghadang sepak terjang Xmax? kita tunggu saja tanggal mainya boss..semoga berguna. 
Share:

0 Comments:

Post a Comment

Definition List

Unordered List

Support

Inspiration

Inspiration
none

Sports

Sports
none

Nature

Nature
none

Lifestyle

Lifestyle
none