Sekedar Info

Corona VS Otomotif




Munculnya virus yang memporak-porandakan wuhan ahir Desember lalu telah berimbas diberbagai sektor, salah satunya dunia otomotif. Virus yang diberi kode name COVID-19 seakan menjadi sebuah busur panah yang mampu menembus jirah para tentara-tentara dibarisan depan pertahanan sebuah peperangan.
Bagaimana tidak, virus yang begitu sulit dideteksi dengan kasat mata mampu melumpuhkan kota wuhan begitu cepat, deteksi dini tidak bisa dilakukan karena terinfeksi baru menunjukkan gangguan kesehatan setelah 14 hari. Dengan kata lain, virus ini mempunyai masa inkubasi 14 hari dari mulai mengeneai seseorang.

Bisa dibayangkan, bagaimana susahnya mendeteksi virus tersebut jika masa inkubasinya saja 14 hari, maka orang yang terlihat sehat belum tentu tidak terhinggapi virus ini. Oleh karenanya virus ini dengan mudahnya menyebar ke seluruh penjuru dunia tanpa membutuhkan waktu yang lama. 3 bulan berlalu negara-negara maju mulai mengumumkan bahwa mereka telah diserang virus ini. Sebut saja jepang, italia, iran, us, bahkan singapura.
Efek domino dari hal ini adalah terganggunya roda perekonimian diberbagai sektor, sebagaimana saya sebutkan diawal bahwa ini mengganggu juga ekonomi otomotif dunia. Akibatnya berbagai event balap dunia telah dilaporkan penundaan pelaksanaan hingga batas yang belum bisa ditentukan, seperti motogp bahkan berita terahir yang saya baca Presiden FIM menyatakan pertandingan musim 2020 jika harus diahiri di bulan januari 2021 pun akan dijalani jika memang kondisi demikian yang terjadi.
Tentunya ini memang sebuah kerugian besar dalam aspek ekonomi otomotif, sponsor, tiket dan lainya akan mampat untuk sementara waktu bahkan jadwal musim berikutnya pun ikut mundur dengan adanya hal ini.
Ancaman virus korona ini begitu nyata didepan mata, dalam sekejab italia mengumumkan 9000 warganya terinfeksi, sebuah angka yang luar biasa besarnya dalam jangka waktu kurang dari 1 bulan. Virus ini benar-benar hebat.
Semoga wabah ini segera teratasi dan roda perekonimian dunia kembali seperti semula.

Indonesia, 15/3/2020

Share:

0 Comments:

Post a Comment

Definition List

Unordered List

Support

Inspiration

Inspiration
none

Sports

Sports
none

Nature

Nature
none

Lifestyle

Lifestyle
none