Sekedar Info

Honda Kokoh “raja” penjualan motor domestik, Yamaha menguasi pangsa eksport

Pentas pertarungan kedua pabrikan dalam hal penjualan sepertinya terus berlangsung, dengan masing-masing mempunyai market sharenya yang dominan. per oktober ini Yamaha mampu menorehkan dominasinya di kancah ekport motornya dengan menguasai 57, 74% market share, sementara rival terberatnya yaitu Honda hanya mampu menguasi 23,65%. Sementara yang lain saling berbagai ¼ % market sharenya antara tvs, Kawasaki dan Suzuki.

Trend penguasaan pangsa luar negeri sepertinya mampu dipertahankan dengan apik oleh Yamaha, dengan varian-varian motornya yang mampu di eksport ke mancanegara, dan sepertinya dari beberapa varian yang di ekport n-max mampu menyumbangkan porsi terbesar dalam hal ini, dengan desain gambotnya yang disukai orang-orang eropa karena cocok dengan postur tubuh mereka dan kebutuhan motor yang mampu dibuat bermanuver di perkotaan.
Sementara itu, untuk keseluruhan total produk yang dieksport dari semua pabrikan menurut data dari AISI per bulan oktober mampu mencapai total 41.548 unit, artinya pencapaian ini mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan oktober tahun lalu yang hanya mampu mencapai angka 23.686 unit. Jika dipakai prosentase berarti meningkat sekitar 76 %.
Sedangkan untuk pasar domestik Yamaha kalah telak dengan pabrikan Honda yang benar-benar bercocok menjadi “raja” pangsa pasar domestik tak tergoyahkan sedikitpun. Data AISI untuk penjualan motor domestik per oktober untuk keseluruhan penjualan berbagai ATPM menyentuh angka 579.552 unit, meskipun ini hanya satu koma sekian persen lebih banyak dari penjualan tahun 2016 per bulan oktober, namun tren penjualan tetap mengalami peningkatan.
Dari distribusi angka tersebut ternyata Honda benar-benar mampu menancapkan “kukunya” sebagai yang terkuat dalam market sharenya yang mencapai 75.50 % penjualan domestic. Angka tersebut mengartikan Honda benar-benar motor paling laris di Indonesia. Sedangkan Yamaha sebagai rival terkuat Honda hanya mampu menorehkan penjualan 23.37 %, untuk market share yang 2 % masing-masing terbagai oleh 3 pabrikan lain, TVS, Kawasaki dan Suzuki.
Berikut perincian data penjualannya :
Honda
436.974 unit
75.40%
Yamaha
129.636 unit
22,37%
Kawasaki
6.658 unit
1,15%
Suzuki
6.172 unit
1,06%
TVS
112 unit
0,02%
Total
579.552 unit
100%







Dengan demikian maka belum ada satu pabrikan yang mampu menggoyahkan dominasi Honda di kancah penjualan domestik.

Share:

0 Comments:

Post a Comment

Definition List

Unordered List

Support

Inspiration

Inspiration
none

Sports

Sports
none

Nature

Nature
none

Lifestyle

Lifestyle
none