Banyak
dari kalangan kita sering mendengar istilah doch dan soch, bahkan sering kita
dengar ejekan-ejekan tentang istilah keduanya , MOTOR SPORT KOK SOCH koyok
MOTOR WADON AE, si empunya soch pun ga mau kalah dengan melontarkan kalimat
tidak kalah pedas, DOCH KOK OVERSTRUKE, DOCH NEAR WADON, dan lain-lain, padahal disisi
lain kedua karakter motor ini mempunyai keunggulan dan kekurangan
sendiri-sendiri. nah oleh karenanya yuk kita kenali apa itu doch / soch, biar
tidak Cuma jadi hiasan stiker motor kita bro.
SOHC adalah singkatan dari Single OverHead
Camshaft yaitu merupakan mesin yang menggunakan satu Camshaft atau yang bisa
dikenal dengan noken as, jadi setiap silinder terdapat satu noken as dengan 2
katup, yaitu katup isap (intake valves) yang mempunyai fungsi sebagai menghisap
campuran udara dan bahan bakar kedalam ruang bakar dan katup buang (exhaust
valves) yang berfungsi sebagai mengisap sisa pembakaran ke knalpot.
Pada perkembangannya mesin SOHC dengan satu
Camshaft tidak hanya berisi 2 katup saja, melainkan bisa juga ditempatkan 4
buah katup. Hal ini dilakukan dengan memodifikasi kepala rocker arm menjadi
bercabang dua pada katup in dan katup ex. Dengan 4 katup, power yang dihasilkan
bisa di tingkatkan, contohnya mesin YZF-R15 dan V-ixion.
Pada tipe ini batang penekan tidak ada,
sehingga gerakan balik dapat dinetralisir. Posisi cam berada diatas silinder
yaitu ditengahnya, cam digerakkan oleh rantai penggerak yang langsung memutar
cam sehingga cam menekan rocker arm. Poros cam berfungsi untuk menggerakkan
katup masuk (IN) dan katup buang (EX), agar membuka dan menutup sesuai dengan
proses yang terjadi dalam ruang bakar mesin. Tipe ini komponennya sedikit
sehingga pada putaran tinggi tetap stabil. Disebut single over head camshaft
karena hanya menggunakan satu cam pada desainnya. Atau SOHC adalah system poros
tunggal di kepala silinder.
Kelebihan,
– Mesin lebih ringan karena hanya menggunakan satu Camshaft
– Relatif Lebih Irit
– Biaya produksi dan perawatan murah.
– Torsi bekerja lebih baik pada kecepatan rendah / low-end torque
– Mesin lebih ringan karena hanya menggunakan satu Camshaft
– Relatif Lebih Irit
– Biaya produksi dan perawatan murah.
– Torsi bekerja lebih baik pada kecepatan rendah / low-end torque
Konsekuensinya motor bertipe mesin SOCH lebih
njengatzz di awal bro..hal ini menguntungkan ketika kita balapan di trek yang
penuh belokan, setiap keluar belokan langsung bejek gas njengatz, atau tipe
jalan stop and go seperti perkotaan yang penuh macet.
gambar perbedaan soch vs doch |
DOHC adalah singkatan dari Double Over Head
Camshaft, adalah Camshaft yang mempunyai Over Head double atau lebih jelasnya
yaitu mesin yang dalam satu piston mempunyai dua pasang over head. Sehingga
mesin tersebut mempunyai empat klep, dimana dua klep untuk mengatur masukan
bahan bakar dan dua klep untuk mengatur keluaran gas buang (menuju knalpot).
Dan juga pada mesin jenis ini menggunakan dua noken as yang terletak pada
kepala silinder.
Langkah pertama piston bergerak dari titik mati
atas ke titik mati bawah, posisi katup masuk terbuka dan katup keluar tertutup,
mengakibatkan udara atau gas terhisap masuk ke dalam ruang bakar. Proses udara
atau gas sebelum masuk ke ruang bakar dapat dilihat pada sistem pemasukan.
Selanjutnya piston bergerak dari titik mati
bawah ke titik mati atas, posisi katup masuk dan keluar tertutup, mengakibatkan
udara atau gas dalam ruang bakar terkompresi. Beberapa saat sebelum piston
sampai pada posisi titik mati atas, waktu penyalaan (timing ignition) terjadi pada
mesin bensin berupa nyala busi. Dan gas yang terbakar dalam ruang bakar akan
meningkatkan tekanan dalam ruang bakar, mengakibatkan piston terdorong dari
titik mati atas ke titik mati bawah. Langkah ini adalah proses yang akan
menghasilkan tenaga.
Proses terakhir yaitu piston bergerak dari
titik mati bawah dan titik mati atas, posisi katup masuk tertutup dan katup
keluar terbuka, mendorong sisa gas pembakaran menuju ke katup keluar yang
sedang terbuka untuk diteruskan ke lubang pembuangan.
Kelebihan,
Kelebihan mesin DOHC adalah dengan 4 katup yang langsung digerakkan camshaft membuat asupan bahan bakar melimpah, sehingga power mesin lebih besar dan stabil di putaran mesin (rpm) yang tinggi (torsi bekerja lebih baik pada kecepatan tinggi / top-end power).
Kelebihan mesin DOHC adalah dengan 4 katup yang langsung digerakkan camshaft membuat asupan bahan bakar melimpah, sehingga power mesin lebih besar dan stabil di putaran mesin (rpm) yang tinggi (torsi bekerja lebih baik pada kecepatan tinggi / top-end power).
Nah..dari
data diatas diketahui bagaimana karakter kedua jenis mesin, jika soch lebih ke
tarikan awal yang jengatz sedangkan doch lebih jengatzzz ketika trek panjang.
doch mempunyai ciri khas lain yang lebih membantu memperoleh top speed tinggi
yaitu napasnya yang cenderung lebih panjang.
sementara
itu istilah doch near wadon timbul karena salah satu kecerdikan insinyur
motornya yang mampu menyematkan rocker arm ke tipe doch sehingga mampu menambah
power doch di putaran bawah, tak ketinggalan insinyur soch juga menambahkan
value mesinya dengan berbagai macam teknologi yang mampu menambah power soch
diputaran atas (contoh VVA).
wes
pokoe semua punya keunggulan dan kekurangan bro..paling penting tetep safety
riding bro..seduluran podo pecinta motore ojo gelut gara-gara mesin.. salam
satu aspal..
gambar beda doch S dan H
H |
S |
Wooo.. Sipp nice info gan. Rupo spedae sg koyo opo mesin2 kui
ReplyDelete